Merasakan Berakhir Pekan di Pantai Jungkat, Bermain Bebek Engkol hingga Nikmati Sunset

Pantai Jungkat cukup diminati masyarakat Kota Pontianak dan sekitarnya, terutama bagi mereka yang hanya memiliki waktu singkat mengisi libur akhir pekan. Meski fasilitas yang ada sangat sederhana, pengunjung mengaku senang menikmati matahari terbenam.

Walaupun disebut pantai, Jungkat Beach tidak seperti pantai pada umumnya, yang memiliki hamparan pasir yang luas. Objek wisata ini cukup sederhana. Hanya diberi pagar pembatas karena berbatasan langsung dengan sungai dan muara. Untuk bisa sampai ke sana, dari Kota Pontianak hanya butuh waktu setengah jam perjalanan saja.

Pantai yang masuk di wilayah Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah ini, memang menghadap ke arah barat, sehingga tepat sekali jika datang pada waktu sore untuk melihat keindahan matahari terbenam. Selain itu di sana juga terdapat sebuah danau yang cukup luas dan indah.

Pada hari biasa tempat ini memang tidak terlalu ramai dikunjungi. Namun jika akhir pekan seperti Sabtu atau Minggu, pengunjung yang datang lumayan, bisa mencapai ratusan orang dalam sehari. "Hari Minggu paling ramai bisa sampai ratusan orang yang datang," ujar salah satu penjaga warung, Dewi.

Saat itu suasana di sana memang lumayan ramai. Semakin menjelang sore semakin ramai pula pengunjung berdatangan. Mereka yang datang kebanyakan bersama orang-orang tersayang seperti pacar atau keluarga. Umumnya mereka berasal dari wilayah terdekat terutama Kota Pontianak. Banyak hal mengasikkan bisa dilakukan di sana, seperti memancing, bersantai, jogging dan bermain bebek engkol di sekitar danau atau sekedar menikmati pemandangan sunset hingga berfoto-foto.

Seperti yang dikatakan salah satu pengunjung, Herman (42), dia sengaja datang hanya untuk menikmati suasana alam di sana. Warga Kota Pontianak ini mengajak istri dan tiga orang anaknya, cukup dengan mengendarai mobil pribadi. "Ke sini karena dekat, pergi siang habis lihat sunset sudah bisa pulang lagi," katanya.

Dia mengaku waktu yang singkat serta tempat yang lumayan indah menjadi alasan dia memilih menghabiskan libur Minggu ke sana. "Maklum, karyawan swasta libur hanya Hari Minggu. Pagi tadi kumpul makan-makan di rumah, sorenya baru jalan-jalan, bawa anak-anak saja bosan juga kalau hanya jalan-jalan di kota," terangnya.

Hal serupa juga dikatakan salah satu mahasiswa asal Pontianak, Rendi (22). Dia datang ke sana karena merasa dekat dan tidak perlu biaya mahal. Bersama sang pacar, Rendi memilih menghabiskan waktu bermain bebek engkol di danau. "Seru-seruan, masuk ke sini hanya Rp5 ribu, sewa bebek engkol Rp15 ribu per-15 menit, termasuk murah buat mahasiswa," katanya seraya tertawa.

Memang diakuinya wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya masih sangat kurang tempat wisata. Karena tidak ada pilihan lain, Rendi mengaku lumayan sering mengunjungi Pantai Jungkat yang merupakan pantai terdekat. "Biasa juga ke pantai-pantai di Singkawang, tapi kan agak jauh, melelahkan kalau harus pergi pagi pulang sore," ucapnya.

Melihat kondisi pantai tersebut dia menyayangkan karena masih kurang dilengkapi berbagai fasilitas. Sejauh ini, hanya ada satu warung dan beberapa pondok untuk tempat duduk santai. Dia yakin, jika dikembangkan, tentu objek wisata tersebut bisa semakin ramai. Tidak hanya akhir pekan di hari minggu saja, tetapi bisa setiap hari. "Jika tempatnya di tata lebih bagus, wahana permainannya lebih banyak pasti lebih seru lagi," pungkasnya.(*)

  • Pengelola :
  • No Kontak :
  • Alamat :
Lokasi

Lokasi