Makam Keramat Siti Sadiah

Siti Sa’diah seorang wanita yang kaya raya kelahiran Jawa Tengah yang senang berlayar membawa barang dagangannya dan satu daerah ke daerah lain atau dan satu pulau ke pulau lainnya, hal ini dilakukannya karena suaminya telah meninggal dunia. Walaupun memiliki pekerja dan perahu layar, Siti Sa’diah selalu ikut mengawasi barang dagangannya.

Pada saat melakukan pelayaran kedaerah kepualauan Kalimantan, didalam perjalanan kapal perahunya dihadang oleh sekawanan perampok atau bajak laut didaerah perairan Kalimantan barat, didalam rombongan Siti Sa’diah ini banyak yang terbunuh dan ada juga yang selamat walaupun dalamkondisi krtis ketika melakukan perlawanan.

Termasuk Siti Sa’diah sendiri juga terbunuh tapi dalam keadaan terpotong-potong, karena tersiar kabar sebelumnya dikalangan bajak laut bahwa Siti Sa’diah ini seorang yang berilmu tinggi sehingga walaupun dibunuh, akan hidup kembali kalau tubuhnya masih utuh atau terpisah tapi masih satu daratan, oleh karena itu setelah di potong-potong oleh bajak laut, bagian tubuh Siti Sa’diah dikubur didaerah terpisah. Dan salah satu bagian tubuhnya yaitu paha kanan Siti Sa’diah dimakamkan didesa Pematang Sukun dan ternyata tempat pemakaman Paha Kanan Siti Sa’diah, sekarang dijadikan tempat pemakaman umum.

  • Pengelola :
  • No Kontak :
  • Alamat :
Lokasi

Lokasi