Profil Desa Pentek

Desa Pentek merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Desa ini memilki berbagai potensi daya tarik wisata dan atraksi wisata yang dapat menambah pengalaman berkesan selama berada di desa ini. Adapun potensi wisata yang ada di desa pentek diantaranya :

1.    Agrowisata Persawahan

Desa Pentek memiliki bentang sawah yang luas dan indah, Agrowisata persawahan di Desa Pentek ini merupakan objek utama yang diunggulkan di desa ini. Di area persawahan ini wisatawan bisa melepas lelah sambil menikmati panorama sawah yang hijau. Di area persawah ini terdapat banyak saung atau gubuk tempat wisatawan bisa bersantai dan melepas penat sambil melihat masyarakat lokal menanam padi. Di agrowisata persawahan ini juga menjadi spot yang indah bagi wistawan yang ingin mengabadikan moment berliburnya di desa Pentek

2.    Batu Pabeak

Batu Pabeak Merupakan batu unik yang ada di desa Pentek. Menurut legenda masyarakat sekitar, area batu pabeak ini dulunya merupakan perkampungan. Suatu ketika seseorang di kampung tersebut mengadakan pesta dan tiba-tiba datang orang minskin yang meninta minta kemudian orang miskin tersebut diusir. Merasa sakit hati, kemudia pengemis ini mendandani kucing sedemikian rupa sehingga siapa pun yang melihatnya tertawa. Kemudian orang miskin tersebut memasukkan kucing tadi ke dalam pesta yang sedang berlangsung. Sontak orang di pesta tadi tertawa terbahak bahak melihat kucing tersebut. Tidak lama kemudian ada batu besar yang turun bergelinding menuju kampung ini dan orang yang berada di perkampungan ini semua berubah menjadi batu. Jika di lihat di Kawasan batu pabeak tidak ditumbuhi pepohonan seperti area sekitarnya. Karena terletak di atas bukit wisatawan bisa melakukan atraksi hiking dan camping sambil melihat pemandangan yang indah dari batu pabeak.

3.    Makam Keramat Nek Ugur

Makam Nek Ugur merupakan objek wisata ziarah yang ada di desa Pentek. Nek Ugur sendiri merupakan orang yang di tetuakan oleh masyarakat desa Pentek yang juga dipercaya memiliki ilmu sakti oleh masyarakat setempat.  

4.    Rumah Betang

Rumah Betang merupakan rumah adat yang terdapat di desa Pentek. Rumah adat biasa dipergunakan sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan adat di desa Pentek.

 

Profil Desa Pentek

Nama Desa : Desa Pentek

Kecamatan : Kecamatan Sadaniang

Kabupaten/Kota : Kabupaten Mempawah

Provinsi : Kalimantan Barat

Tahun Pembentukan : Tahun 1984

Luas Desa/Kelurahan : 45,9 Ha.


Batas wilayah Desa Pentek 

Sebelah Utara : Desa Ambawang

Sebelah Selatan : Toho Ilir Kec. Toho

Sebelah Timur : Desa Ansiap

Sebelah Barat : Desa Sekabuk

Tipologi : Kehutanan

Klasifikasi : Swakarya

Kategori: Mula

 

  • Lembaga Pengelola :
    Kelompok Sadar Wisata Desa Pentek
  • Jarak dari ibukota Kabupaten :
    54,7 Km
  • Jarak dari ibukota Provinsi :
    99,8 Km
Lokasi

Atraksi

1. Panorama Alam Persawahan
2. Bersepeda
3. Menanam dan memanen padi
4. Menyaksikan proses pembuatan anyaman dayak
5. Hiking
6. Camping

Lokasi

Fasilitas

- Sarana Kamar Mandi
- Sarana Warung dan Pertokoan Sederhana

Comment